Peraih emas wakili Sumut ke Kejurnas biliar


Peraih emas wakili Sumut ke Kejurnas biliar

Sebanyak 34 pebiliar dari 11 Pengurus Cabang (Pengcab) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Sumut bersaing di Kejuaraan Daerah (Kejurda) Biliar Sumut 2012. Pemenang akan diterjunkan menjadi wakil Sumut pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Biliar di Banten.

Ketua Umum POBSI Sumut, Salomo Pardede mengatakan para atlet yang sukses meraih medali emas maupun perak pada Kejurda ini akan mengikuti kualifikasi Kejurnas di Banten. Kejurda yang digelar mulai Rabu (5/12) sampai Minggu (9/12) di Pusat Latihan (Puslat) POBSI Sumut, Jalan Pattimura, Medan, itu menjadi proses penyeleksian tingkat daerah.
 
Katanya, ajang ini merupakan kesempatan para pebiliar untuk menunjukkan diri mengikuti Kejurnas di Banten. Peraih juara satu yang mendapatkan emas dan juara dua berhak atas perak akan diikutkan mengikuti kualifikasi di tingkat nasional.

 "Ini Kejurda kedua, tahun lalu dilakukan di dua daerah dilakukan. Yaitu, Tebing Tinggi dan Langkat dengan grand final di Medan. Tahun ini kita hanya konsentrasikan di Medan. Karena waktunya sangat singkat. Atlet yang meraih emas dan perak akan ikut kualifikasi Kejurnas di Banten," tuturnya saat pembukaan di Balai Hermina Center Universitas Darma Agung (UDA), Rabu (9/12).
 
Sedangkan, Ketua Harian KONI Sumut, John Ismadi Lubis mengaku, terjadi peningkatan yang siginifikan untuk olahraga biliar. Hal itu dilihatnya pada PON Riau ini dimana Sumut meraih satu perak dan perunggu.
 
"Pada PON Riau kemarin sudah kita lihat perkembangan olahraga biliar. Di Kaltim kita meraih satu perunggu. Pada PON 2012 di Riau kita punya peluang lebih besar. Kita provinsi kedua terbesar menyumbang atlet. Hasilnya meningkat pada PON ini kita meraih perak dan perunggu walaupun
cita-cita kita All Sumut Final. Untuk PON 2016 di Jabar, saya yakin kita meraih emas," katanya.

Dirinya pun berharap ada peningkatan pembinaan seluruh cabang olahraga di tingkat provinsi. "Harus persiapkan diri untuk Kejuaraan Wilayah 2014 di tingkat provinsi. Jadi target 17 Pengcab daerah diharapkan bisa terpenuhi meski sekarang hanya 15. Tapi saya yakin 20 daerah dapat dibina pada Pengprov POBSI Sumut. Kami janjikan bonus akan segera cair sebelum tahun berganti," janjinya.  
Ketua Panitia Fadil Nasution mengatakan, Kejurda ini mempertandingkan 6 nomor. Yakni, Ada 9 ball single, double, ten ball single, double, ten ball speed full. Diantaranya, ada dua nomor yang tidak dipertandingkan di Kejurnas dan PON, yaitu Ten Ball dan Speed Pool.
 
"Memang nomor itu belum dipertandingkan di Kejurnas dan PON, tapi sudah dimainkan di dunia. Itulah menjadi pertimbangkan kita untuk memasukkan dua nomor itu. Kami lakukan penelitian ten ball speed full ini merupakan nomor yang akan dipertandingkan pada Kejuaraan Dunia Maret mendatang. Jadi sangat perlu dilakukan pembinaan sedini mungkin," pungkasnya.